Studi Banding ke BAK FEB UI

BAK PKN STAN melakukan studi banding ke BAK FEB UI pada Sabtu (30/11) di Gedung B kampus FEB UI, Depok, Jawa Barat. Studi banding ini merupakan program kerja dari Divisi Penelitian dan Pengembangan. Tujuan diadakannya studi banding ini yaitu untuk mengetahui seluk beluk rencana strategi BAK FEB UI selama 4 tahun sebagai acuan bagi BAK PKN STAN untuk menyusun renstra bagi divisi litbang. Selain pembahasan renstra dibahas pula cross audit yang nantinya merupakan kerja sama pemeriksaan audit silang oleh kedua BAK. Studi banding ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi perkenalan organisasi dan sesi forum group discussion. Ardan Cahya Widayat selaku dewan pimpinan yang membawahi divisi litbang memaparkan bagaimana perlakuan organisasi BAK PKN STAN terhadap organisasi lainnya serta bentuk struktur organisasi. Kadek Sanjaya selaku ketua BAK FEB UI memaparkan hal serupa tentang BAK FEB UI. 

Pengenalan Renstra

Renstra atau rencana strategis adalah dokumen acuan bagi BAK mencapai target yang ingin diraih dalam kurun waktu tertentu sehubungan dengan tugas dan fungsi BAK. Rencana strategis BAK FEB UI dilakukan secara periodik 4 tahun. Proses penyusunan renstra ini dimulai dari penetapan visi dan misi sebagai acuan, mengevaluasi dengan kondisi saat ini dan jajak pendapat dengan pengurus sebelumnya, mengidentifikasi lingkungan di FEB UI yaitu dengan menganalisis SWOT atau strategic matrix, selanjutnya penentuan sasaran, strategi dan indikator, lalu diadakan evaluasi draft renstra (meminta pendapat dari pengurus sebelumnya), kemudian finalisasi dan terakhir penetapan.

Renstra BAK FEB UI telah berjalan dari tahun 2015. Renstra tahun 2015 – 2019 berfokus pada pengembangan kelembagaan. Renstra tahun 2020 – 2024 berfokus pada optimalisasi peran BAK FEB UI dalam mengetahui posisi kegiatan kemahasiswaan sebagai tolak ukur tata kelola keuangan, dan pengembangan basis akuntansi karena adanya basis syariah.

Renstra BAK FEB UI bersifat terbuka dan tidak terlalu detail, dimana jika terdapat perubahan pada tahun berjalan, maka perubahan tetap bisa dilakukan terhadap renstra. Ada pasal di renstra yang menyebutkan peraturan di renstra sifatnya fleksibel.

Forum Group Discussion

Pada FGD ini pembahasan bukan hanya mengarah pada renstra saja namun meluas hingga dasar – dasar audit di kedua BAK. Seperti pembahasan standar akuntansi. Standar akuntansi yang digunakan di PKN STAN memakai standar PSAP sedangkan di FEB UI memakai PSAK. Pengawasan terhadap BAK PKN STAN dilakukan oleh Badan Legislatif Mahasiswa sedangkan pengawasan BAK FEB UI dilakukan oleh BAK FEB UI sendiri. Laporan pertanggungjawaban BAK FEB UI dari musyawarah mahasiswa seperti BEM, BLM.

Selain itu dibahas pula mengenai sistem informasi di kedua BAK. BAK PKN STAN melayani whistleblower layaknya Wise Itjen Kemenkeu, STAR BAK oleh mahasiswa yang menemukan segala bentuk kecurangan atau fraud di BK KM. Sistem informasi di BAK FEB UI untuk melayani pencatatan keuangan menggunakan excel dan hanya untuk internal saja. Mengenai audit, dibahas maksud dari audit tujuan tertentu di BAK PKN STAN yaitu untuk memeriksa adanya indikasi fraud pada suatu entitas yang diperiksa.

Untuk rencana corss auditing, BAK FEB UI akan mengonfirmasi persetujuan audit silang di kepengurusan berikutnya karena BAK FEB UI akan regenerasi bulan Februari. Pada cross audit ini, nantinya dilakukan penjajakan standar antara UI dengan PKN STAN

Studi banding ini telah dilaksanakan dengan lancar dan penuh khidmat serta diakhiri dengan proses penyerahan kenang – kenangan oleh kedua belah pihak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *